Berita

Dinas PUPR Boltim Tingkatkan SPAM di Dua Kecamatan

24 Agustus 2023

Dalam rangka pemenuhan air bersih kepada masyarakat, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PUPRPRKPP) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) di tahun anggaran 2022, telah melakukan peningkatan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di dua Ibukota Kecamatan (IKK) yakni di Kecamatan Tutuyan dan Kecamatan Nuangan.

Kepala Dinas PUPRPRKPP Boltim Haris Sumanta ST mengatakan, sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat, maka pihaknya telah meningkatkan pembangunan SPAM yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) tahun anggaran 2022.

“Tahun ini kita ada pekerjaan peningkatan SPAM di wilayah IKK Tutuyan dan IKK Nuangan. Hal itu dilakukan sebagai upaya pemerintah daerah dalam memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat,” ujar Haris, pada Rabu (31/8/2022).

Haris mengungkapkan, penyediaan air bersih atau SPAM itu nantinya akan melayani beberapa desa di dua kecamatan. Untuk Kecamatan SPAM IKK Tutuyan diperuntukan khusus Desa Tutuyan bersatu dan Desa Togid. Sedangkan SPAM IKK Nuangan peruntukan Desa Nuangan bersatu, Desa Loyow dan Desa Iyok.

“Sekarang pekerjaannya sedang berjalan. Progres pekerjaan sudah pada tahap pemasangan jaringan pipa, kata Haris.

Haris pun menyebutkan, untuk besaran anggaran pihaknya telah menggelontorkan DAU sebesar 2,6 miliar untuk peningkatan SPAM IKK Tutuyan. Sedangkan untuk pekerjaan peningkatan SPAM IKK Nuangan telah dianggarkan melalui DAK sebesar Rp 6,5 miliar.

 

“Jadi ada dua sumber anggaran yang kita gunakan untuk peningkatan SPAM tahun ini. Khusus IKK Tutuyan dianggarkan lewat DAU. Sedangkan IKK Nuangan dianggarkan lewat DAK,” sebutnya.

Haris pun berharap, dengan adanya peningkatan SPAM tersebut semoga dapat memenuhi permintaan air bersih di dua kecamatan. Dia berpesan, masyarakat juga harus menjaga saluran perpipaan agar ketersediaan air dapat melayani semua masyarakat.

“Pesan pak Bupati mari sama-sama menjaga sarana dan prasarana yang telah dibuat oleh pemerintah daerah. Jika pekerjaan SPAM sudah selesai maka mati kita rawat dan jaga bersama,” pungkas Haris. (Billy)